Safety Culture

KATEK & WAKATEK Tambang

PEPC memastikan para personil kunci yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai KATEK dan WAKATEK Tambang untuk secara konsisten mengimplementasikan aspek HSSE dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Forum ini merupakan sesi refreshment dan diskusi terkait tanggungjawab sebagai KATEK (Kepala Teknik) dan WAKATEK (Wakil Kepala Teknik) Tambang. Ini merupakan forum komunikasi untuk peningkatan implementasi Aspek HSSE berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri dari perwakilan Kementerian ESDM yang juga menyampaikan materi terkait Keselamatan Hulu Minyak dan Gas Bumi sehingga dapat menjadi refreshment training bagi para KATEK/WAKATEK Tambang PEPC dan menambah komitmen dalam hal Keselamatan.

Keselamatan Hulu Minyak dan Gas Bumi
keselamatan-hulu-minyak-dan-gas-bumi
keselamatan-hulu-minyak-dan-gas-bumi-2

Mobile Demo Room

Dalam memprioritaskan program pembekalan/orientasi para pekerja terhadap aspek HSSE, PEPC memfasilitasi pekerja dengan mobile demo room. Mobile Demo Room merupakan fasilitas ruang training yang didesain sedemikian rupa sehingga peserta mendapatkan informasi secara maksimal tidak hanya seperti diruang kelas tetapi juga dengan adanya alat peraga, dokumen contoh serta video dan penjelasan terkait peralatan-peralatan yang digunakan. Hal tersebut diupayakan agar penyerapan materi dapat maksimal sehingga mudah diterapkan.

Mobile Demo Room di JTB Field telah siap pakai dan certified untuk digunakan dalam meningkatkan Safe Work Practise karyawan PEPC, Kontraktor dan Subkontraktor.

Pada mobile demo room dilengkapi berbagai peralatan baik audio visual maupun alat-alat peraga HSSE seperti perangkat Lock Out Tag Out (LOTO), Full body harness, Life Vest, Perahu karet, Toolkit, Safety Cone, Poster-poster Keselamatan, Baju Kerja dengan reflector dan berbagai peralatan lainnya.ย ย 

Peningkatan safe work practice dengan menjalankan portable demo room & work permit system. Pada tahun 2019 ini merupakan tahun dimana Portable Demo Room telah disertifikasi (Go Live) serta telah digunakan lebih dari 1000 personil baik karyawan PEPC, Kontraktor dan Subkontraktor sampai dengan Maret 2020. Perkembangan selanjutnya di Bulan April Portable Demo Room tidak diaktifkan selama pandemic covid-19 namun training CLSR tetap berlanjut dengan metode online via Microsoft Team.

Pembekalan HSSE dan Pengenalan Demo Room untuk Apprentice JTB selama 10 Sesi
WhatsApp Image 2021-03-17 at 09.46.50 (1)
Pembekalan HSSE dan Pengenalan Demo Room untuk Apprentice JTB selama 10 Sesi
WhatsApp Image 2021-03-17 at 09.46.53
Pembekalan HSSE dan Pengenalan Demo Room untuk Apprentice JTB selama 10 Sesi
WhatsApp Image 2021-03-17 at 09.46.57

Safety Culture

Pertamina Corporate Life Saving Rules (CLSR)

PEPC memberikan pembekalan training dan coaching terkait CLSR kepada seluruh karyawan melalui fasilitas HSSE Demo Room maupun via online.

Pertamina Corporate Life Saving Rules (CLSR) adalah area/jenis pekerjaan yang secara statistik berpotensi terjadinya fatality incident, dan harus dilakukan upaya pengendalian risiko untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan. CLSR disusun berdasarkan data statistik contributory factor fatalities dalam kurun waktu 2011-2018 di aktivitas operasi Pertamina, untuk dapat menjadi pembelajaran utama.

CSLR memilik 12 elemen sebagai berikut:

  1. Tools & Equipment
  2. Safe Zone Position
  3. Permit to Work
  4. Isolation
  5. Confined Space
  6. Lifting Operation
  7. Fit to Work
  8. Working at Height
  9. Personal Floating Device
  10. System Override
  11. Asset Integrity
  12. Driving safety

Hal tersebut merupakan aturan pokok keselamatan yang harus dipatuhi, menjelaskan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, saat melakukan pekerjaan pada area/jenis pekerjaan yang berpotensi (contributory factor) terjadinya fatality incident dan harus dilakukan upaya pengendalian risiko untuk mengurangi potensi terjadinya fatality.

Corporate Live Saving Rules
corporate-life-saving-rules

Safety Enhancement Program (SEP)

PEPC berupaya untuk percepatan peningkatan budaya HSSE dengan pendekatan yang bersifat humanis melalui program SEP. SEP atau Safety Enhancement Program adalah program peningkatan pengetahuan dan motivasi Keselamatan yang sifatnya sukarela dimana setiap karyawan digugah hatinya untuk memahami kesadaran terhadap Keselamatan dari sisi non-teknis.

Program ini ditujukan bagi beberapa level pekerja yaitu:

  1. Management sebagai Site Top Leadership
  2. Foreman & Supervisor sebagai Site Middle Leadership
  3. Pekerja sebagai Safety Enhancement Orientation
  4. Serta program sukarela yaitu Safety Enhacement Champion

Perusahaan merasa yakin bahwa peningkatan Budaya Keselamatan dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 tidak terlepas dari digaungkannya program ini dan menyentuh kepada level pekerja yang paling bawah.

  • 1

    MANAGEMENT

    SITE TOP LEADERSHIP WORKSHOP STLW

  • 2

    FORMAN & SUPERVISOR

    SITE MIDDLE LEADERSHIP WORKSHOP SMLW

  • 3

    WORKER

    SAFETY ENHANCEMENT ORIENTATION SEO

  • 4

    VOLUNTEER

    SAFETY ENHANCEMENT CHAMPION SE CHAMPION

Melanjutkan Sosialisasi SEO (Safety Enhancement Program) di GPF dan Drilling
Melanjutkan-Sosialisasi-SEO-(Safety-Enhancement-Program)-di-GPF-dan--Drilling
Melanjutkan-Sosialisasi-SEO-(Safety-Enhancement-Program)-di-GPF-dan--Drilling-2

PEKA (Pengamatan Kerja Aman)

Dalam memastikan terpeliharanya perilaku aman serta kondisi yang aman di area Kerja, PEPC mengelola Pengamatan Kerja Aman (PEKA). PEKA adalah pengamatan yang dilakukan oleh karyawan terhadap aspek HSSE baik observasi yang bersifat positif maupun menyampaikan hal-hal yang masih perlu diperbaiki (Area for improvement).

Untuk meningkatkan kesadaran atas keselamatan kerja, karyawan didorong untuk terlibat aktif dalam menemukan kondisi tidak aman dan perilaku tidak aman dilingkungan kerja baik melalui pengisian kartu PEKA (Pengamatan Keselamatan Kerja) secara langsung (Manual) maupun via web online sehingga dengan secepatnya ditemukan dan ditindaklanjuti maka tidak akan sampai menjadi sebuah insiden.

Berdasarkan Analisa PEKA selama Tahun 2020 untuk melihat kecenderungan temuan HSSE sebagai input program HSSE kedepannya. Tercatat sebanyak 143.876 PEKA dengan kategori Tindakan/Kondisi tidak aman yang dilaporkan selama tahun 2020. Statistik kecenderungan dipilah berdasarkan 5 kategori.

Dari semua tindakan/Kondisi tidak aman yang dilaporkan selama 2020, kategori terbanyak yaitu mengenai Area Kerja dan Lingkungan (38%) serta Alat Pelindung Diri (31%).

Dari kategori yang terbanyak pertama yaitu terkait area Area Kerja dan Lingkungan sub-kategori terbanyak adalah Kebersihan dan Kenyamanan serta terkait Barikade/Pagar Pengaman.

Dari kategori yang terbanyak kedua yaitu terkait Alat Pelindung Diri sub-kategori terbanyak adalah terkait pelindung tangan dan pelindung mata.

PEKA Berdasarkan Kategori (Percentage)

Contractor Engagement

PEPC membangun Kerjasama untuk bersinergi dengan kontraktor maupun subkontraktor dalam penerapan aspek HSSE di area Kerja salah satunya dengan melaksanakan program contractor engagement. Program ini merupakan forum pertemuan antara Perusahaan dengan Kontraktor/Sub Kontraktor untuk membuat kesepakatan bersama dalam implementasi aspek HSSE dikegiatan Operasi.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan sesi sharing terkait implementasi HSSE secara aktif baik dari Manajemen dari kontraktor maupun perusahaan. Menemukan berbagai solusi untuk mengatasi permasalahan secara bersama-sama.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan sesi coaching dari Motivator dengan Harapan semakin menggugah kesadaran terhadap Keselamatan dari para peserta termasuk sesi lesson learn dari pekerja yang pernah mengalami kecelakaan ditempat lain untuk disharing dan diambil pembelajaran yang positif dari kejadian.

HSSE Contractor Engagement 2020
DSC_8395
HSSE Contractor Engagement 2020
DSC_8397

Comments are closed.